Lomba Blog Antar Kelas | OSIS SMPN 7 Bogor Present :

About we :

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Naufal Rasyid | Study in SMK Informatika Pesat - X RPL | Perbedaan dan Jomblo : Single itu mau pacaran tapi gabisa kalau Jomblo anti pacaran bukan karna galaku tapi langsung aja taarufan sama ahwatnya ~~ |

Pengaruh SOPA bagi Dunia Internet

Karena baca buku pelajaran sudah penat mendingan saya update posting. Sekarang lagi ramai-ramainya di internet bahas tentang SOPA. Penyedia layanan internet populer, seperti Google, Twitter, dan Wikipedia menolak rancangan undang-undang anti-pembajakan online di AS. Yaitu UU Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA). SOPA dan PIPA tidak hanya berdampak bagi situs AS, situs yang berada di luar AS juga terkena dampaknya.

Perang terhadap SOPA

Facebook, Google, ebay, OAL, Yahoo telah menulis surat kepada senat dan Dewan untuk penentangan undang-undang ini.Bahkan hari ini Wikipedia versi English tutup selama 24 jam. Berita ini muncul dari Jimmy Wales lewat akun Twitternya.

Student warning! Do your homework early. Wikipedia protesting bad law on Wednesday! #sopa

Dan Godaddy kehilangan 21.000 register domain hanya dalam waktu satu hari. Hal ini disebabkan karena didukungnya SOPA (Stop Onlie Privacy Act) oleh GoDaddy. Karena dampak tersebut Godaddy menarik dukungannya terhadap SOPA.

“Go Daddy akan mendukung SOPA jika komunitas internet juga mendukung hal itu,” demikian tulis pernyataan resmi dari Adelman.

Gerakan anti-GoDaddy pun bermunculan di dunia maya diantaranya muncul di situs soscial bookmark Reddit dan kemunculan situs Godaddyboycott.org yang menjadi jembatan bagi orang-orang untuk mengeluarkan unek-uneknya atas ketidaksetujuan terhadap perusahaan yang mendukung SOPA.

Situs dari luar Amerika terancam di blokir

SOPA dianggap lebih garang dari PIPA karena mendefinisikan situs yang melanggar sebagai "situs apa pun yang melakukan atau memfasilitasi pelanggaran hak cipta". Jika hal ini terjadi maka situs-situs dari luar Amerika bisa diblokir secara sepihak.

Beberapa pengamat juga ada yang menyatakan bahwa SOPA dan PIPA merupakan wujud dari peperangan antara industri Hollywood dengan Silicon Valley. Hollywood dianggap balas dendam karena mereka tak mampu memerangi pembajakan, dan seharusnya lebih menekankan pendekatan untuk melawan hal ini dari sisi bisnisnya.

Pengaruh SOPA pada kita

Lalu apa yang harus kita lakukan? Menunggu bagaimana kelanjutan SOPA dan PIPA ini adalah jalan terbaik bagi kita. Jadi siapa yang akan menang Hollywood atau Silicon Valley? Who Knows?

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar


7 Junior High School | yang kami ingin bukanlah menang tapi pengalaman yang membuat kita menjadi menang abadi !